Tips Membuat HRD Terkesan dalam Interview Kerja

Posted by Primasenta Resources Indonesia on Jumat, Desember 31, 2021 with 1 comment

                                  

Pengumuman hasil interview meman g menjadi salah satu momen yang paling mendebarkan bagi para jobseeker. Karena tak sedikit dari pelamar yang gagal diterima bekerja diperusahaan atau instansi impian akibat terlalu gugup. Akhirnya tidak bisa menjawab semua pertanyaan dari pewawancara.

Agar bisa menjawab pertanyaan pada saat interview kerja, berikut ada strateginya :

Memahami Daftar Pertanyaan Saat Interview

Agar Anda dapat bersikap penuh percaya percaya diri saat interview tak ada salahnya untuk mengenali beberapa pertanyaan yang bisa saja muncul. Mempelajari jenis-jenis pertanyaan, akan membantu Anda melewati proses interview dengan lancar. Kendati terdengar sederhana, jika memahami perntanyaan sederhana dan memahaminya akan membuat Anda terhindar dari rasa gugup. Apalagi bagi Anda yang mungkin tidak terbiasa berbicara didepan orang asing. Sehingga membutuhkan solusi supaya pekerjaan impian tidak melayang begitu saja.

Mempelajari Profil Perusahaan

Tips paling dasar untuk lolos interview adalah dengan mempelajari profil perusahaan. Mulai dari kapan perusahaan berdiri dan lokasi tepatnya. Mempelajari sejarah perusahaan seperti kapan perusahaan itu beridiri, termasuk bagaimana kesejahteraan pegawai hingga visi misi perusahaan

Memberikan Penampilan yang Maksimal

Memberikan penampilan yang maksimal memegang peranan penting saat wawancara karena wajib disesuaikan dengan ketentuan perusahaan. Dari penampilan juga HRD bisa melihat seberapa rapi Anda.

Jelaskan Diri dengan Tenang

Normal jika anda diminta menjelaskan tentang diri sendiri. Menjelaskan kemampuan diri dengan tenang termasuk kelebihan dan kekurangan. Jangan sampai anda terdengar terlalu malu dengan kelemahan dan terdengar terlalu sombong dengan kelebihan

Bersikap Profesional

Hal terakhir yang wajib anda lakukan jika memang ingin berhasil dalam tahap interview dan mendapatkan pekerjaan impian, anda harus bersikap profesioanl dan serius. Jika perlu, lakukan kontak mata pada saat HRD memberikan interview agar terlihat percaya diri dan meyakinkan. Jangan terlalu banyak tersenyum apalagi tertawa tanpa menjawab pertanyaan. Perilaku tersebut bisa dilihat oleh HRD sebagai bentuk ketidakprofesionalan.

Nah, itu tadi beberapa tips dalam interview untuk mrmbuat HRD terkesan dari kami...semangat jobseeker dalam mencari pekerjaan.