Tips Membuat CV yang Baik dan Benar

Posted by Primasenta Resources Indonesia on Kamis, Desember 30, 2021 with No comments

 

Curriculum Vitae atau daftar riwayat hidup bisa dikatakan sebagai tiket untuk melamar pekerjaan. Bagian personalia perusahaan akan melakukan penilaian pertama dari CV pelamar. Karenanya penting untuk membuat CV yang menarik namun tetap memperhatikan detail dan kebenaran informasi. Untuk mempermudah membuat daftar riwayat hidup, saat ini sudah banyak website yang bisa digunakan untuk mrmbuat CV secara online dan gratis.

1. Perhatikan tata letak informasi Saat membuat CV

jangan lupa perhatikan tata letak informasi yang dicantumkan. Bagian personalia atau HRD biasanya akan membaca mulai dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah.  Karenanya, pastikan semua informasi penting dicantumkan pada bagian kiri atas. Cantumkan nama hingga keterangan pendidikan dan informasi seperti magang hingga organisasi di bagian yang mudah dibaca.

2. Menggunakan foto formal

Tidak sedikit contoh CV yang baik mencantumkan foto dari pelamar. Biasanya foto tersebut diletakkan di bagian atas CV. Jika ingin mencantumkan foto pada CV, gunakan foto yang formal. Pilih foto yang profesional dan menarik. Hindari menggunakan foto dengan gaya bebas seperti selfie atau foto dengan banyak orang.  Foto yang tidak formal membuat daftar riwayat hidup Anda menjadi terkesan tidak formal meskipun terlihat menarik.

3. Tulis detail pendidikan dan pengalaman

Untuk fresh graduate, mungkin belum memiliki banyak pengalaman kerja. Ganti pengalaman kerja dengan pengalaman organisasi.  Cantumkan posisi yang cukup strategis agar bisa menunjang penilaian Anda. Tulis nama universitas beserta jurusan dan IPK Anda.  Jika pernah menerima beasiswa, sebaiknya dicantumkan dalam CV. Jangan lupa tulis deskripsi pengalaman magang atau organisasi semenarik mungkin agar pihak perusahaan tertarik merekrut Anda. 

Berikut beberapa tips dari kami semoga membantu dalam membuat CV yang baik dan benar.