Tips Melamar Kerja Untuk Mebuat HRD Terkesan

Posted by Primasenta Resources Indonesia on Senin, Desember 27, 2021 with No comments

Saat melamar kerja disuatu perusahaan, tentunya kamu bukan satu-satunya kandidat bukan?. Nah oleh karena itu, penting sekali bagi teman-teman untuk tahu cara melamar kerja yang membuat HRD terkesan. Dengan begitu peluangmu untuk diterima di perusahaan yang teman2 tuju akan lebih besar.

Berikut mimin akan bagikan tips melamar kerja yang bisa membuat HRD terkesan :

1. Pilih bidang yang sesuai dengan kemampuan atau bidang yang sama dengan pekerjaanmu sebelumnya

Jika teman-teman memilih untuk melamar pekerjaan pada bidang yang sama dengan posisi teman-teman saat ini, maka pihak HRD akan melihatnya sebagai satu nila lebih. Teman-teman juga bisa menggunakan pengalaman kerja yang ada saat ini atau sebelumnya, utnuk meningkatkan posisi tawaran yang sudah ada. Dengan demikian, perekrut akan yakin, teman-teman menekuni bidang yang dilamar, dan memang memiliki kualifikasi pada bidanng tersebut.

Bagaiaman jika fresh graduates, dan belum memiliki pengalaman kerja?, jangan hawatir, kamu bisa membuat blog, dan tulisan untuk dijadikan sebagai portofolio. Karena ini akan memnjadi kekuatan tersendiri untuk teman-teman di mata HRD diperusahaan yang teman-teman lamar.

2. Sebut Gaji dengan Jujur

Pertanyaan dari HRD tentang gaji di kantor sebelumnya, dan ekspektasi gaji yang dikantor sebelumnya, dan ekspektasi gaji yang diinginkan kerap membuat dilema, Tapi teman-teman jangan ragu, kejujuran adalah hal terbaik. Hindari berbohong soal gaji1 teman-teman saat ini. Hati-hati karena HRD memiliki jaringan yang luas. Jika perekrut mengetahui kebohongan, maka hal ini dapat beresiko dikemudian hari.

3. Hindari Terlalu Sering Berganti Pekerjaan

Meski saat ini berganti-ganti pekerjan sangat umum, HRD ternyata bisa melihat seberaa kamu loyal dan setia terhadap perusahaan sebelumnya. Inipun menjadi pertimbangan tersendiri bagi perusahaan dalam merekrut teman-teman.

4. Percantik Portofolio

Melalui portofolio yang bagus dan menarik, secara tidak langsung teman-teman memberitahukan perusahaan bahwa teman-teman memiliki pengalaman dan kemampuan yang di butuhkan oleh perusahaan.

5. Lakukan Riset Kecil Mengenai Perusahaan Tempat Kamu Melamar Kerja

Sebelum melamar ke suatu perusahaan alangkah lebih baik jika teman-teman melakukan riset kecil seperti dibidang apa sih perusahaan yang akan dilamar, seperti apa sih perusahaannya, jadi teman-teman bisa memberikan kontribusi apasih untuk perusahaan tersebut. Jika sudah mengetahui beberapa hal ini, tentu akan menjadi nilai lebih untuk teman-teman baik HRD atau calon user juga akan terkesan dengan teman-teman

6. Poles Profil Sosial Media

Di era digital ini, semakin banyak perekrut yang mencari dan mengintip akun sosial media kandidat. Pasalnya media sosial juga dipercaya dapat menjadi perwakilan karakter seseorang, 

 7. Pasang Foto Profesional

Jika kita menyertakan foto dalam cv, pastikan foto kita nampak profesional, hindari menggunakan berbagai fillter demi membuat wajah cantik atau lebih tampan di foto. Karena jika hal ini terjadi justru akan membuat foto nampak tidak profesional, dan akhirnya membuat HRD mengurungkan niatnya untuk merekrut kita, dan ingatlah untuk mengenakan pakaian formal, seperti blazer pada foto ini akan menjadi nilai tambah.

Melamar pekerjaan merupakan proses yang kompleks dan butuh kesabaran. Proses awal yang harus dilalui adalah dengan mengirimkan surat lamaran, salah satunya melalui e-mail. Mengirimkan e-mail dengan struktur yang baik dan profesional akam membuatmu lebih menonjol dari kandidat lain.