Tips Agar Cepat Dapat Panggilan Interview Kerja

Posted by Primasenta Resources Indonesia on Kamis, Januari 06, 2022 with No comments



Setelah menyelesaikan pendidikan formal, tentunya kamu ingin segera mendapatkan pekerjaan idaman. Agar cepat dipanggil interview kerja, kamu pun mulai mengirimkan banyak lamaran kerja ke berbagai perusahaan. Namun, setelah menunggu berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan, belum satupun lamaranmu yang mendapat panggilan interview. Kamu pun mulai gelisah, apa yang salah dengan lamaran kerja yang kamu kirimkan?

Smart People, ada banyak alasan mengapa HRD tidak memilihmu untuk mengikuti interview kerja di perusahaan mereka. Meski begitu, jangan patah semangat, Smart People. Yang penting kamu selalu punya #SemangatBaru untuk  #BeraniLebihBaik, serta mau terus mencoba, pasti nanti akan ada jalan untukmu. 

Nah, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini agar kamu cepat dipanggil interview kerja. Simak, yuk!

 

1.   Pastikan Kualifikasi Sesuai 

Karena ingin cepat dipanggil interview kerja, kamu pun mengirimkan banyak lamaran ke banyak tempat tanpa benar-benar memperhatikan kualifikasi lamaran yang diminta. Ups, jangan sampai kamu melakukan ini, ya, Smart People. 

Sebelum mengirimkan lamaran kerja, kamu harus memperhatikan kualifikasi yang diminta dengan seksama. Bagaimana mungkin HRD akan mengundangmu interview, jika kualifikasi yang mereka minta adalah wanita dengan latar belakang Pendidikan S1, sementara kamu adalah laki-laki dengan latar belakang Pendidikan D3? Yuk, lebih teliti lagi sebelum mengirimkan lamaran kerjamu!

 

2.   Lengkapi Profil Mu dan Jelaskan Keahlianmu

Agar HRD semakin tertarik dengan CV yang kamu kirimkan, pastikan kamu mencantumkan profilmu dengan jelas serta tidak lupa mencantumkan keahlian yang kamu miliki. Tuliskan keahlian yang relevan dengan posisi yang kamu lamar, ya, Smart People.  

Misalnya, jika kamu ingin melamar sebagai desainer grafis, cantumkan software desain apa saja yang kamu kuasai. Lebih baik lagi jika kamu bisa mencantumkan contoh desain atau portofolio desain yang pernah kamu buat, sehingga HRD makin yakin dengan kemampuanmu. 

 

3.   Miliki Surat Rekomendasi

Jika saat kuliah kamu merupakan mahasiswa aktif dan berprestasi, kamu bisa, lho, minta surat rekomendasi dari kampus untuk membantumu melamar kerja. Selain dari dosen pembimbing, kamu juga bisa minta surat rekomendasi dari organisasi atau komunitas di mana kamu aktif mengikuti kegiatan kemahasiswaan, kesukarelawanan, ataupun kegiatan pengembangan minat dan hobi. 

Surat rekomendasi dari orang-orang di sekitarmu juga dapat jadi salah satu bahan pertimbangan HRD, bahwa profil yang kamu tampilkan di CV adalah benar, bukan semata-mata karanganmu saja. Dengan begitu, HRD akan makin yakin dengan profilmu dan potensi kamu cepat dipanggil interview kerja akan semakin terbuka lebar.

 

4.   Bangun Profil di Media Sosial

Di era digital seperti sekarang ini, postingan media sosial pelamar kerja itu jadi salah satu pertimbangan HRD, lho, Smart People. HRD akan stalking media sosial kamu untuk mencari tahu kamu itu pribadi seperti apa. 

Apakah kamu lebih sering memposting hal-hal bernada positif atau justru negative? Apakah kamu punya hasil karya yang kamu tampilkan di media sosialmu? Bagaimana caramu menanggapi komentar-komentar yang masuk di postinganmu? Semua itu bisa membantu HRD memperkirakan karakter aslimu, lho. 

 

5.   Bangun jaringan via LinkedIn

Untuk membangun hubungan profesional, kamu bisa mencoba lebih aktif di LinkedIn. Kamu bisa memfollow akun-akun perusahaan untuk mempelajari karakter perusahaan mereka. Selain itu, kamu juga akan  lebih mudah mendapat info jika perusahaan tersebut sedang membuka lowongan pekerjaan. 

Berteman dengan para HRD di Linked In juga bisa kamu lakukan. Biasanya para HRD juga kerap membagikan info lowongan ataupun sekadar memberikan tips-tips seputar dunia kerja. Semakin sering kamu membaca info-info terkait dunia kerja impianmu, mindset-mu akan semakin terasah, sehingga kamu juga akan semakin siap untuk cepat dipanggil interview kerja.

Nah, itu dia beberapa hal yang dapat kamu lakukan agar cepat dipanggil interview kerja. Dengan tips-tips ini, semoga kamu punya #SemangatBaru untuk terus mencoba mengirimkan lamaran kerja lagi, ya, Smart People. Teruslah untuk menjadi #BeraniLebihBaik setiap hari, pasti suatu saat nanti kamu akan berhasil meraih pekerjaan impianmu. Selamat mencoba, Smart People!